MAKNA TAHUN BARU KALENDER ISLAM 1444 HIJRIYAH 2022-2023

Selamat menyambut 1 Muharram 1444 H. pengertianartidefinisidari.blogspot.com- Tahun baru adalah perayaan atau peringatan berakhirnya satu tahun kemudian diawali dalam penanggalannya. Khusus di Indonesia terdapat empat tahun baru; tahun baru Islam (Hijriyah), tahun baru Imlek, tahun baru Masehi dan Tahun baru Saka.

Baca: PENGERTIAN HIJRAH DAN ISTIQOMAH DALAM MOTIVASI ISLAM

Umat Islam menjadikan kalender Hijriyah sebagai acuan buat menentukan hari raya maupun hari besar lainnya. Di kalender Islam bulan Muharram menjadi permulaan dari urutan tanggal kalender Islam dalam arti kata bahwa sekarang Agama Islam akan menyambut tahun baru 1444 Hijriyah periode 2022-2023. Pada umumnya sambutan terhadap tahun baru islam selalu dimaknai melalui kegiatan bermanfaat mulai tadarusan, kegiatan sosial, bahkan lebih unik cara merayakan tahun baru dikampung saya biasanya anak-anak remaja akan pawai membawa obor pada malam tahun baru Islam sambil melantunkan ucapan doa dan harapan keselamatan atas Nabi Muhammad SAW dengan cara-cara shalawatan.


Kalender Tahun Islam umumnya disebut dengan kalender Hijriyah. Tahun Islam atau tarikh Islam menurut sejarahnya, Tahun Islam mula-mula ditetapkan oleh Umar bin Khattab r.a. ketika beliau menjadi khalifah pada tahun 17 Hijrah. Suatu hari Umar menerima sepucuk surat dari sahabatnya, Abu Musa Al-Asy’ari r.a. tanpa dibubuhi tanggal dan hari pengirimannya. Hal itu menyulitkan bagi Umar untuk menyeleksi surat mana terlebih dahulu harus diurusnya, sebab ia tidak menandai antara surat lama dan baru. oleh sebab itu, Umar mengadakan musyawarah dengan orang terpandang dikala itu untuk membicarakan serta menyusun masalah tahun Islam.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
Gambar: contoh kata-kata mutiata ucapan selamat tahun baru islam 2022-2023


Dalam musyawarah tersebut ada beberapa pilihan tahun bersejarah sebagai patokan untuk memulai tahun Islam tersebut yaitu: tahun kelahiran Nabi Muhammad, tahun kebangkitannya menjadi Rasul, tahun wafatnya, atau ketika Nabi hijrah dari Mekkah ke Madinah. Diantara pilihan tersebut maka akhirnya ditetapkanlah bahwa dimulai dengan hari berpindahnya (hijrahnya) Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah menjadi awal tahun Islam yaitu awal tahun Hijriyah.


Kemudian setelah permulaan tahun Hijriyah diputuskan, maka dimusyawarahkan pula bulan apa yang baik dipergunakan untuk tiap-tiap awal tahun Islam. Singkatnya,ditetapkanlah bahwa bulan Muharram menjadi permulaan tahun dalam kalender Islam.


Seiring perkembangannya tidak sedikit dari kita mengucapkan selamat tahun baru sesama umat Islam ketika 1 Muharram dengan kata-kata mutiara ataupun harapan meminta maaf kepada teman, saudara, orangtua, isteri, pasangan, suami serta rekan kerja diperusahaan.


Ucapan tahun baru Islam 2022 -2023 tentu bertema doa buat orang tersayang supaya mendapat kemuliaan juga anugerah keselamatan dunia maupun akhirat dengan pengucapan menyentuh dihati. Ucapan-ucapan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah memaknai kata-kata bijak sebagai anjuran mempertebal keimanan serta saling mengucapkan maaf.

Baca: APA ITU TAHUN BARU HIJRIAH?, MAKNA DAN TUJUAN MEMPERINGATINYA DALAM ISLAM

Sekali lagi seperti kata kata pada tulisan diatas bahwa mengucapkan selamat tahun baru Islam 1444 H di 2022- 2023 telah menjadi kebudayaan lama apalagi untuk teman yang jauh dari keluarganya. Kata ucapan ini memang memiliki makna buat sebagian orang dengan mengirimnya dalam bentuk gambar, wallpaper, atau sekedar kata-kata ucapan selamat tahun baru islam 2022/2023.


Untuk tahun 2022 tahun baru hijriyah 1444 akan jatuh pada Jumat, 29 Juli 2022. Selain tahun baru kalender Islam 1 Muharrom 1444 H (Bahasa Inggris: Islamic New Year) diperingati dengan konsep acara dengan tema Muharram maupun tema-tema Islami lainnya ada baiknya juga memotivasi diri melakukan kebaikan serta meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT lewat memperbanyak amal ibadah supaya menjadikan tahun baru untuk kalender Islam 1444 Hijriah 2023-2022 lebih bermakna.

Post a Comment for "MAKNA TAHUN BARU KALENDER ISLAM 1444 HIJRIYAH 2022-2023"