PERBEDAAN ANTARA SITUS DAN MUSEUM SEJARAH

pengertianartidefinisidari.blogspot.com Situs bersejarah atau situs warisan adalah lokasi resmi tempat kepingan sejarah politik, militer, budaya, atau sosial dilestarikan karena nilai warisan budayanya. Situs bersejarah biasanya dilindungi oleh hukum, dan banyak yang telah diakui dengan status situs bersejarah nasional resmi. Di museum sisi lain sebuah bangunan atau tempat di mana karya seni, spesimen ilmiah, atau benda lain yang bernilai permanen disimpan dan dipajang.

Berikut ini adalah perbedaan antara situs bersejarah dan museum
  • Situs bersejarah adalah tempat asli di mana manusia pernah hidup dan melakukan beberapa kegiatan sementara museum adalah bangunan yang melestarikan peninggalan bersejarah yang dikumpulkan dari tempat yang berbeda
  • Situs bersejarah adalah tempat kerja para arkeolog, sementara museum menyimpan artefak yang dibawa oleh para arkeolog
  • Situs bersejarah mungkin berukuran sangat besar sementara museum terdiri dari bangunan yang hanya mengambil sebagian besar area kecil

Rancang dan penempatan museum dan monumen pada dasarnya adalah tentang pilihan. Pilihan tentang apa yang diingat, bagaimana hal itu diingat, cerita sejarah apa yang diceritakan, siapa yang dianggap sebagai audiens utama, dan apakah cerita monumen itu menegaskan keyakinan yang ada atau menantang mereka.


Perbedaan dapat muncul ketika museum dan monumen tersebut bertentangan dengan momentum sejarah publik atau dianggap tidak lagi relevan atau sesuai.


Apakah ada nilai lebih dalam mengingat peristiwa pahlawan atau orang terkenal? Pada akhirnya, ini menjadi perbedaan apakah dan / atau bagaimana bangunan-bangunan ini membantu orang berinteraksi dengan masa lalu dan memperkuat visi mereka tentang apa artinya hidup di Indonesia.

PERBEDAAN ANTARA SITUS DAN MUSEUM SEJARAH


PERBEDAAN ANTARA MONUMEN DAN MUSEUM SEJARAH

MONUMEN

  • Monumen adalah struktur fisik yang didedikasikan untuk sesuatu, atau seseorang.
  • Ahli bahasa wikipedia berpendapat bahwa pengertian Monumen adalah jenis bangunan yang dibuat untuk memperingati seseorang atau peristiwa yang dianggap penting oleh suatu kelompok sosial sebagai bagian dari peringatan kejadian pada masa lalu. 
  • Monumen ada dua pengertian yang dapat dihubungkan dengan monumen, yaitu Relik Sejarah dan Bangunan Peringatan. Monumen sebagai relik sejarah dapat berupa benda-benda bergerak atau tidak bergerak yang memiliki nilai sejarah bagi umat manusia. Dalam pengertian ini situs sering pula disebut sebagai monumen. Adapun monumen sebagai bangunan peringatan ialah bangunan-bangunan baru yang dibuat untuk memperingati suatu peristiwa sejarah. Bangunan tersebut bisa berupa tugu, batu berukuran besar, tembok, atau bentuk-bentuk lainnya. Jadi, pengertian dasar monumen harus dikaitkan dengan nilai kesejarahannya. Monumen jenis bangunan dibuat untuk memperingati seseorang atau peristiwa yang dianggap penting oleh suatu kelompok sosial sebagai bagian dari peringatan kejadian pada masa lalu. Seringkali monumen berfungsi sebagai suatu upaya untuk memperindah penampilan suatu kota atau lokasi tertentu. Monumen juga seringkali dirancang untuk memuat informasi politik bersejarah, sebagai bangunan untuk memperkuat citra keunggulan kekuatan politik.



MUSEUM

  • Museum adalah situs penjelajahan dan tampilan sejarah.
  • Beberapa ahli menyebutkan bahwa Museum adalah lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Museum berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian dan kesenangan atau hiburan (Ayo Kita Mengenal Museum ; 2009).
  • Ahli bahasa wikipedia berpendapat bahwa pengertian Museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan.



PENGERTIAN MUSEUM MENURUT PARA AHLI

Menurut kata bahasa secara etimologi, Museum berasal dari bahasa Yunani MUSEION. Dalam pengertian bahwa Museum adalah sebuah bangunan tempat suci untuk memuja Sembilan Dewi Suci dan Ilmu Pengetahuan. Salah satu dari Sembilan Dewi tersebut ialah MOUSE, dimana ia lahir dari maha Dewa Zousdengan isterinya Mnemosyne. Menurut cerita sejarah yunani, Dewa dan Dewi tersebut bersemayam di Pegunungan Olympus. Museion selain tempatsuci, pada wakyu itu juga untuk berkumpul para cendekiawan yang mempelajari serta menyelidiki berbagai ilmu pengetahuan, juga sebagai tempat pemujaan Dewa Dewi.


Pendapat pada ahli mengatakan bahwa Museum dewasa ini adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan pengembangannya, terbuka untuk umum, yang memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan, untuk tujuan-tujuan studi, pendidikan dan kesenangan, barang-barang pembuktian manusia dan lingkungannya.


Museum merupakan suatu badan yang mempunyai tugas dan kegiatan untukmemamerkan dan menerbitkan hasil - hasil penelitian dan pengetahuan tentang benda-benda yang penting bagi Kebudayaan dan Ilmu pengetahuan.

FUNGSI MUSEUM

Museum mempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. Pusat Dokumentasi dan Penelitian Ilmiah.
  2. Pusat penyaluran ilmu untuk umum.
  3. Pusat penikmatan karya seni.
  4. Pusat perkenalan kebudayaan antar daerah dan antar bangsa.
  5. Obyek wisata
  6. Media pembinaan pendidikan kesenian dan ilmu pengetahuan.
  7. Suaka alam dan suaka budaya.
  8. Cermin sejarah manusia, alam dan kebudayaan.
  9. Saran untuk bertaqwa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa


Baca:



Dengan mengenal perbedaan antara situs, museum dan monumen bersejarah semoga menginspirasi kita termasuk para pemuda dalam mencintai Museum-museum di Indonesia bukan hanya sekedar ucapan namun juga menjadikan Museum tempat belajar dan rekreasi bersama keluarga di hari libur.



Akhir kata dalam menyambut perayaan hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2019, mengangkat tema Museum Menyatukan Keberagaman pengulis situs pengertianartidefinisidari.blogspot.com mengucapkan selamat merayakan hari bersejarah insan permuseuman di Indonesia di hari Museum ini mari Ajak seluruh keluarga mengenal sejarah Indonesia dimulai dari mengunjungi Museum terdekat

Post a Comment for "PERBEDAAN ANTARA SITUS DAN MUSEUM SEJARAH"