PENGERTIAN AUTOIMUN DAN LUPUS DALAM JENIS PENYAKIT

Arti autoimun dan lupus dalam Jenis Penyakit - Mungkin Anda pernah mendengar istilah dari macam-macam gangguan autoimun dan lupus pada jenis penyakit, terkadang membikin bingung apa itu autoimun dan lupus yang terdapat pada seseorang penderita jenis penyakit tersebut. Saking bingung dengan pengertian antara autoimun dan lupus, tidak sedikit orang sering terbalik dengan arti Pengertian autoimun dan lupus. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian dari autoimun dan lupus, berikut ulasan singkatnya.


ARTI AUTOIMUN DAN LUPUS DALAM JENIS PENYAKIT

Apa itu Penyakit Autoimun?

Penyakit autoimun disebabkan oleh aktivasi yang tidak tepat dari sistem kekebalan tubuh ( sistem imun) yang menyebabkan kerusakan pada jaringan diri. Sistem kekebalan mengembangkan antibodi atau imun yang diperantarai sel terhadap jaringan kita sendiri tanpa adanya stimulus berbahaya. Ini mengarah pada kerusakan jaringan-diri yang menyebabkan kegagalan organ vital. Meskipun etiologinya tidak jelas, kerentanan genetik dan agen lingkungan seperti sinar ultraviolet, obat-obatan (mis. Hidralazin) diketahui menyebabkan autoimunitas. Penyakit-penyakit ini dapat terjadi secara sistemik atau lokal. Systemic Lupus Erythematous (SLE), Systemic Sclerosis (SS), dan penyakit Rheumatoid Arthritis adalah beberapa contoh penyakit sistemik di mana banyak organ terpengaruh. Contoh penyakit lokal di mana hanya satu organ yang terpengaruh adalah penyakit Grave, Myasthenia gravis, dll. Dalam kondisi ini, antibodi spesifik terhadap berbagai sel atau reseptor nuklir dapat dideteksi dalam serum pasien, yang bermanfaat sebagai biomarker dalam diagnosis. Penyakit autoimun diobati dengan penekan imun seperti steroid, metotreksat, dan azatioprin. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita usia menengah tetapi belum tentu. Penyakit autoimun biasanya memiliki kursus remisi dan kambuh. Prognosis bervariasi tergantung pada luas organ yang terkena.


Beberapa pendapat para ahli mengemukakan seperti menurut Subowo ( 1993 ) bahwa Penyakit autoimun merupakan sekelompok penyakit yang biasanya kurang jelas patogenesisnya dan dengan   suatu manifestasi fenomena autoimunitas. Biasanya dikelompokkan menjadi 2 jenis,  yaitu kelainan yang melibatkan sejumlah sistem tubuh (kelainan multisistem) - imun dan kelainan yang hanya melibatkan sebuah organ saja (khas organ).

PENGERTIAN AUTOIMUN DAN LUPUS DALAM JENIS PENYAKIT

Apa itu Kekurangan Sistem Imun ?

Kekurangan kekebalan  ( Sistem Imun) adalah kurangnya komponen tunggal atau banyak dari sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pasien-pasien ini tidak mampu memasang respon imun yang efektif terhadap patogen tertentu tergantung pada komponen yang hilang. Sebagai contoh, cacat-cacat ini bisa dalam imunitas seluler, imunitas humoral atau dalam sistem komplemen. Kekurangan imun dapat diwariskan atau diperoleh kekebalan. Ini dapat terjadi karena beberapa penyakit seperti diabetes, HIV atau obat-obatan seperti penekan imun tubuh. Biasanya, pasien ini menderita infeksi berulang atau atipikal. Diagnosis didasarkan pada pendeteksian komponen sistem imun yang hilang dengan pemeriksaan laboratorium. Pengobatan utamanya dengan pencegahan infeksi dengan imunisasi, antibiotik profilaksis serta penggantian komponen sistem imun yang hilang pada kasus-kasus tertentu. Pasien-pasien ini akan memiliki gaya hidup berkualitas buruk karena infeksi berulang. Penyembuhan permanen biasanya tidak memungkinkan, dan beberapa kasus dapat diobati dengan transplantasi sel induk. Pasien-pasien ini membutuhkan tindak lanjut seumur hidup dan perawatan.

Apa itu Penyakit Lupus?

Berikut beberapa pengertian dari penyakit Lupus pada jenisnya menurut pendapat para Ahli kesehatan.
  • Menurut Hochberg  Mc. ( 1997 ) berpendapat bahwa pengertian dari gangguan penyakit Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus) (SLE) adalah penyakit inflamasi autoimun kronis  dengan etiologi yang belum diketahui serta manifestasi klinis, perjalanan penyakit dan prognosis yang sangat beragam.
  • Menurut Tutuncu, ( 2008 ) bahwa pengertian dari gangguan penyakit Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus) (SLE) adalah Penyakit yang terutama  menyerang  wanita usia reproduksi dengan angka kematian yang cukup tinggi. Faktor genetik, imunologik dan hormonal serta lingkungan diduga berperan dalam patofisiologi  SLE.
  • Pengertian Menurut Rahman, ( 2008 ) mendefiniskan dari gangguan penyakit Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus) (SLE) merupakan penyakit autoimun  multisistem yang berat. Pada keadaan ini tubuh membentuk berbagai jenis antibodi, termasuk  antibodi terhadap antigen nuklear (ANAs) sehingga menyebabkan kerusakan berbagai organ.  Penyakit ini ditandai dengan adanya periode remisi dan episode serangan akut dengan gambaran klinis yang beragam berkaitan dengan berbagai organ yang terlibat.

Dalam pengertianartidefinisidari.blogspot.com umum, Penyakit Lupus ini tergolong penyakit autoimun non organ specific. Penderita umumnya adalah wanita dengan perbandingan wanita terhadap pria 9:1; kebanyakan menjangkiti usia reproduktif, namun dapat juga terjadi pada masa kanak-kanak. Gejala kliniknya dapat sangat bervariasi dari yang tidak khas sampai kepada yang khas, begitu juga dengan intensitasnya dari yang ringan sampai yang berat.


Bagaimana, sekarang sudah mengerti tentang maksud dari lupus dan autoimun dalam jenis penyakit. Semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "PENGERTIAN AUTOIMUN DAN LUPUS DALAM JENIS PENYAKIT"