DEFINISI OMNIBUS LAW MENURUT PEMERINTAH INDONESIA

Pemerintahan Republik Indonesia telah melahirkan Undang-undang sapu jagat atau undang-undang omnibus (bahasa Inggris: Omnibus bill atau omnibus law). UU omnibus law pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Lalu apa itu Undang-undang Cipta Kerja omnibus law?, Apa latar belakang dibuat atau lahirnya Undang-undang omnibus law?, Apa tujuannya? Berikut pengertianartidefinisidari rangkum untuk Anda berdasarkan situs resmi indonesia.go.id

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


Apa itu Undang-undang Cipta Kerja omnibus law?

Menurut Pemerintah Indonesia (indonesia.go.id), mengatakan bahwa Definisi Omnibus Law berasal dari kata omnibus dan law. Kata omnibus berasal dari bahasa Latin, omnis, yang berarti “untuk semuanya” atau “banyak”. Bila digandeng dengan kata law, yang berarti hukum, maka Omnibus Law dapat didefinisikan sebagai hukum untuk semua.


Di dalam Black Law Dictionary Ninth Edition karya Bryan A Garner disebutkan: “omnibus: relating to or dealing with numerous object or item at once; inculding many thing or having varius purposes”, yang artinya berkaitan dengan atau berurusan dengan berbagai objek atau item sekaligus; termasuk banyak hal atau memiliki berbagai tujuan. Secara singatnya, konsep Omnibus Law merupakan aturan yang bersifat menyeluruh dan komprehensif, tidak terikat pada satu rezim pengaturan saja.


Apa latar belakang dibuat atau lahirnya Undang-undang omnibus law?

Sebagaimana dilansir dari laman indonesia.go.id (4/12/2020), lahirnya Undang-undang omnibus law berlatar dari tantangan era masyarakat digital telah menghadang di depan mata. Dalam tulisan laman ini mengatakan bahwa Indonesia tidak boleh berlama-lama terbelit oleh regulasi yang gemuk dan tumpang tindih. Sebuah terobosan kebijakan haruslah segera dilahirkan. Berpijak dari urgensi inilah, jalan satu-satunya menyederhanakan dan sekaligus menyeragamkan regulasi secara cepat ialah melalui Omnibus Law.


Hal ini diperkuat dari Kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2018 menunjukkan, bahwa regulasi tumpang tindih dan ego sektoral institusi menjadi faktor penghambat terbesar lambatnya pertumbuhan ekonomi. Lebih jauh menurut Bappenas, penanganannya harus segera dilakukan. Apabila tidak, maka agenda pembangunan ekonomi dipastikan niscaya terus terhambat oleh regulasi.


Bermaksud menjawab persoalan regulasi ini, pada 20 Oktober 2019 usai dilantik Presiden Jokowi menyampaikan gagasannya untuk mengeluarkan Omnibus Law. Menurut Presiden Jokowi, melalui skema Omnibus Law, akan dilakukan penyederhanaan kendala regulasi yang saat ini berbelit dan panjang. Sejumlah aturan yang dinilai menghambat investasi akan dipangkas.


Apa tujuannya?

Sebagaimana dikatakan oleh Presiden Jokowi, bahwa melalui skema Omnibus Law, akan dilakukan penyederhanaan kendala regulasi yang saat ini berbelit dan panjang. Sejumlah aturan yang dinilai menghambat investasi akan dipangkas.


Selain itu, tantangan era ekosistem masyarakat digital sudah menghadang di depan mata. Indonesia tidak boleh berlama-lama terbelit oleh prosedur formal. Sebuah terobosan kebijakan dalam proses penyusunan undang-undang haruslah segera dilahirkan. Berpijak dari urgensi inilah, maka jalan satu-satunya untuk menyederhanakan dan sekaligus menyeragamkan regulasi secara cepat ialah melalui skema Omnibus Law.


KESIMPULAN DEFINISI OMNIBUS LAW MENURUT PEMERINTAH INDONESIA

Dalam situs resmi Pemerintah Indonesia dalam tulisan RUU OMNIBUS LAW Omnibus Law: Solusi dan Terobosan Hukum, dapat disimpulkan, bahwa Omnibus Law merupakan metode atau konsep pembuatan peraturan yang menggabungkan beberapa aturan yang substansi pengaturannya berbeda, menjadi suatu peraturan besar yang berfungsi sebagai semacam—sebutlah itu—"undang-undang payung hukum” (umbrella act). Dan ketika peraturan semacam payung hukum itu diundangkan maka konsekuensinya bakalan mencabut beberapa aturan tertentu di mana norma atau substansinya juga bukan tidak mungkin bakalan dinyatakan tidak berlaku, baik sebagian maupun secara keseluruhan.


Sumber : https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/omnibus-law-solusi-dan-terobosan-hukum


Demikianlah tulisan Undang-undang sapu jagat atau undang-undang omnibus (bahasa Inggris: Omnibus bill atau omnibus law) di pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga UU ini sesuai dengan harapan dan solusi tepat bagi bangsa Indonesia sebagaimana disebutkan diatas!!!

Post a Comment for "DEFINISI OMNIBUS LAW MENURUT PEMERINTAH INDONESIA"