PENJELASAN ARTI DARI TAWAKAL, IKHTIAR, DAN OPTIMIS BESERTA HADITSNYA

Jika kamu adalah siswa kelas 8 SMP tentu terdapan mata pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pada Mapel tersebut kamu pasti telah dijalkan oleh guru terkait Tawakal, ikhtiar, dan Optimis. Materi ini terdapat pada Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Bab 3 - Zuhud dan Tawakal. Biasanya setelah pembahasan materi tersebut, kamu akan diminta untuk menjawab soal tentang Apa yang dimaksud dengan Tawakal, Ikhtiar, Optimis, dan sebutkan manfaat berikut hadits-haditsnya. Nah jika kamu lupa, tenang pada tulisan pengertianartidefinisidari.blogspot.com, hari ini akan menjelaskan ketiga sikap tersebut.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


JELASKAN ARTI DARI TAWAKAL, IKHTIAR, DAN OPTIMIS BESERTA HADITSNYA

TAWAKAL

Pertama adalah Tawakal. Tawakal adalah sikap berserah diri dengan pasrah terhadap segala usaha yang telah diupayakan. Adapun Beberapa manfaat bertawakal, antara lain :
  1. Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  2. Menghilangkan perilaku sombong karena kita sadar tidak ada daya kecuali Allah SWT.
  3. Memperoleh pahala dan menjadi hamba yang dicintai oleh Allah SWT.



Untuk manfaat-manfaat lainnya dapat dilihat dari Hadists Riwayat At-Tirmidzi dibawah tulisan pengertianartidefinisidari.blogspot.com,


لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَوَ كَّلُوْنَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ، لَرُزِقْتُم كَمَا تُرْزَقُ الطَّيْرُ، تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوْحُ بِطَانًا


Yang artinya :"Sungguh, seandainya kalian bertawakkal kepada Allah sebenar-benar tawakkal, niscaya kalian akan diberi rizki sebagaimana rizki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang” (HR. At-Tirmidzi)


IKHTIAR

Kedua adalah Ikhtiar. Ikhtiar adalah sikap berusaha secara sungguh-sungguh guna mencapai harapan dan cita-citanya. Adapun Beberapa manfaat berikhtiar, antara lain :
  1. Memperoleh apa yang dicita-citakan.
  2. Dapat mengubah nasib dan keadaan menjadi lebih baik.
  3. Menumbuhkan sikap pekerja keras dan menghindarkan diri dari sikap pemalasan.



Untuk manfaat-manfaat lainnya dapat dilihat dari Hadists Riwayat Bukhari dibawah tulisan pengertianartidefinisidari.blogspot.com,


اليَدُ العُلْيَا خَيْرٌ مِنَ اليَدِ السُّفْلَى، فَاليَدُ العُلْيَا: هِيَ المُنْفِقَةُ، وَالسُّفْلَى: هِيَ السَّائِلَةُ


Yang artinya :"Tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah. Tangan diatas yaitu pemberi, sedang tangan dibawah yaitu peminta.” (HR. Bukhari no. 1429 dan Muslim no. 1033)


OPTIMIS

Ketiga adalah Optimis. Optimis adalah bentuk sikap percaya diri, yakin, serta memiliki harapan positif terhadap suatu hal baik tujuan maupun ujian. Adapun Beberapa manfaat bersikap optimis, antara lain :
  1. Menjadikan kita senantiasa dapat berpikir positif dalam menyikapi segala perkara.
  2. Menjadikan diri tidak mudah menyerah dan putus asa.
  3. Menumbuhkan sikap percaya diri.



Untuk manfaat-manfaat lainnya dapat dilihat dari Hadists Riwayat Bukhari dan Muslim dibawah tulisan pengertianartidefinisidari.blogspot.com,


وَعَنْ اَنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: جَاءَرَجُلٌ اِلَى النَبِيَ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ قَالَ: يَارَسُوْلَ اللهِ اَصَبْتُ حَدًافَاَقِمْهُ عَلَيَ وَحَضَرَتِ الصَلاَةُ فَصَلَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمْ فَلَمَا قَضَى الصَلاَةُ قَالَ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنِى اَصَبْتُ حَدًافَاَقِمْ فِى كِتَابِ اللهِ قَالَ: هَلْ حَضَرْتَ مَعَنَاالصَلاَةَ؟ قَالَ: نَعَمْ, قَالَ: قَدْ غُفِرَلَكَ. متفق عليه


Yang artinya :"Dan dari Anas ra berkata: Seorang datang kepada Nabi SAW dan berkata, “Saya terkena hukuman Hadd, maka laksanakanlah atas diriku.” Ketika itu bertepatan dengan waktu shalat, maka ia shalat bersama Rasulullah. Dan sesudah selesai shalat, ia berkata, “Ya Rasulullah, saya telah terkena Hadd, maka laksanakan atas diriku.” Rasulullah SAW bertanya, “Apakah engkau telah shalat bersama kami?” Jawabnya, “Ya.” Sabda Nabi, “Telah diampuni bagimu.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Dengan penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com diatas, semoga kamu bisa menjawab soal Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Bab 3 - Zuhud dan Tawakal bahkan makin mengerti bagaimana cara menumbuhkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PENJELASAN ARTI DARI TAWAKAL, IKHTIAR, DAN OPTIMIS BESERTA HADITSNYA"