Pengertian CP dan ATP Pada Kurikulum Merdeka

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
Arti CP dan ATP Pada Kurikulum Merdeka *


Pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Mungkin Anda pernah mendengar Istilah CP dan ATP Pada Kurikulum terbaru, terkadang bikin bingung apa itu CP dan ATP yang menjadi fokus pada istilah Kurikulum Merdeka.

Baca: Capaian Pembelajaran Dan Kompetensi.

Saking bingung dengan pengertian antara CP dan ATP, tidak sedikit orang sering terbalik dengan arti Pengertian CP dan ATP. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian dari CP dan ATP, berikut ulasannya.


Arti CP dan ATP Pada Kurikulum Merdeka

CP dan ATP adalah Istilah yang baru digunakan untuk membedakan Istilah tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. Istilah CP dan ATP ini biasanya digunakan di beberapa sektor Pendidikan Negara maju. Sedangkan untuk Indonesia menggunakan Istilah Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Pada Kurikulum 2013. Ini termasuk juga sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Jadi untuk membedakan itu kita mesti menegerti bagaimana membedakan kedua kompetensi dan lingkup materi.


Pertama Adalah CP. Maksud dari CP adalah singkatan dari Capaian Pembelajaran yang merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai murid pada setiap fase perkembangan, yang dimulai dari fase Fondasi pada PAUD. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.


Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi.


Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A–F), atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah juga disusun untuk setiap mata pelajaran.


Murid berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Sementara itu, murid berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual dapat menggunakan CP umum dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.


Yang kedua adalah ATP. Untuk ATP adalah singkatan dari Alur Tujuan Pembelajaran yaitu rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).


Bagaimana, sekarang sudah mengerti tentang maksud dari CP dan ATP Pada Kurikulum Merdeka.


Demikian artikel Pengertianartidefinisidari.blogspot.com, Semoga bermanfaat ***

Post a Comment for "Pengertian CP dan ATP Pada Kurikulum Merdeka"