Thaharah atau Bersuci dalam Islam

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


www.pengertianartidefinisidari.blogspot.com, Jakarta - Sebagaimana agama yang menjaga kesucian lahiriah maupun batiniah, islam telah mengatur segala hal-hal yang berkaitan dengan masalah tersebut. Dalam islam menyucikan lahiriah ini dikenal dengan thaharah.


Thaharah adalah kegiatan bersuci yang harus dilakukan oleh setiap umat islam, saat melakukan hal-hal tertentu, seperti sama halnya dengan melaksanakan shalat dan tawaf.

Baca juga APA ITU SHALAT JENAZAH: PENGERTIAN, SYARAT DAN KEUTAMAANNYA

Dalam artikel pengertianartidefinisidari akan dibahas pengertianartidefinisidari mengenai wawasan tentang hadas dan najis, jadi simak selengkapnya di pengertianartidefinisidari. Pembahasan ini tujuannya menambah iman dan taqwa bagi kita, dimana beberapa tulisan dikutip dari buku Minhajul muslim oleh Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi (2015) dan buku menjaga kesucian diri oleh Muhammad bin Riyadh al-Atsari (2016).


Thaharah menurut syari'at Islam ialah suatu kegiatan bersuci dari hadas maupun najis sehingga seorang diperbolehkan untuk mengerjakan suatu ibadah yang dituntut harus dalam keadaan suci seperti shalat.


Thaharah menurut bahasa artinya suci, sedangkan menurut istilah thaharah adalah menghilangkan hadas atau najis. Thaharah dapat juga diartikan mengerjakan pekerjaan yang membolehkan salat, berupa wudu, mandi, tayamum dan sebagainya. Thaharah merupakan syarat sah salat karena syarat sah salat adalah jika badan, tempat, dan pakaiannya suci (Al-Juzairi, 2015, h.36).



Thaharah merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam karena bersuci merupakan sebagian dari iman. Tidak membersihkan diri dari najis menjadi penyebab seorang muslim mendapatkan siksa kubur. Agama Islam sangat memperhatikan tentang masalah kebersihan sesuai dengan firman Allah SWT pada Q.S Al-Baqarah ayat 222 bahwa Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyucikan diri (Al-atsari, 2016)


Berdasarkan pengertian arti definisi dari Bersuci dalam Islam yang dikutip menurut para ahli dari kedua buku tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa thaharah adalah bersuci untuk menghilangkan hadas maupun najis. Penulis pengertianartidefinisidari berharap dengan adanya Pembahasan ini dapat memberikan wawasan yang luas tentang islam serta dapat memperkuat iman dan taqwa.


Penulis : Admin blog pengertianartidefinisidari.

Daftar Pustaka :

Affaf : menjaga kesucian diri / Muhammad bin Riyadh al-Atsari; penerjemah, Fatria Ananda; editor, Endang Suryana. Penerbitan Solo : Tinta Medina, 2016.

Minhajul muslim / Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi; penerjemah, Fedrian Hasmand; editor, Yasir Maqosid. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2015.

Post a Comment for "Thaharah atau Bersuci dalam Islam "