Total Quality Management

TQM
TQM



Pengertianartidefinisidari.blogspot.com — Dalam perkembangan manajemen kualitas, ternyata bukan hanya fungsi produksi yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap kualitas. Dalam hal ini, tanggung jawab terhadap kualitas tidak cukup hanya dibebankan kepada suatu bagian tertentu, tetapi sudah menjadi tanggung jawab seluruh individu seluruh individu di perusahaan.


Pola inilah yang disebut Total Quality Management yang berkembang kurang lebih pada tahun 1985. Sebenarnya, perkembangan konsep kualitas secara menyeluruh atau terpadu (total quality) sudah dimulai sejak awal tahun 1990-an oleh Frederick Taylor, yang dikenal dengan sebutan Father of Scientific Management dan dikenal dengan teorinya Time and Motion Studies.


Total Quality Management secara harfiah berasal dari kata “total” yang berarti keseluruhan atau terpadu, “quality” yang berarti kualitas, dan ”management” telah disamakan dengan manajemen dalam bahasa Indonesia yang diartikan dengan pengelolaan. Jadi dari asal katanya “Total Quality Management” dapat diartikan manajemen mutu terpadu atau manajemen kualitas terpadu.


Pengertian TQM menurut Oakland (2014) adalah sebuah satu kesatuan aktivitas yang sistematis yang dilakukan oleh seluruh organisasi untuk secara efektif dan efisien mencapai tujuan dari organisasi untuk memberikan produk dan jasa dengan tingkat kualitas yang memenuhi kemauan konsumen.


Menurut Heizer, Render dan Munson (2017) manajemen kualitas total adalah pengelolaan dari keseluruhan organisasi sehingga unggul di segala aspek barang dan jasa yang penting bagi pelanggan. Selanjutnya menurut Heizer, Render dan Munson (2017) terdapat tujuh kosep program TQM yang efektif yakni perbaikan berkesinambungan, six sigma, pemberdayaan pekerja, benchmarking, just in time (JIT), konsep Taguchi, dan pengetahuan perangkat (tools) TQM.


Pengertian Total Quality Management (TQM) menurut International Organization for Standarizasion (IOS) (2012) : pendekatan manajemen pada suatu organisasi, berpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan, dan manfaat bagi semua anggota organisasi dan masyarakat.


TQM sendiri adalah pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenagakerja, proses dan lingkungannya (Nasution, 2015). Sedangkan menurut para ahli lain mendefinisikan bahwa TQM merupakan usaha terintegrasi total untuk mendapatkan manfaat kompetitif dengan cara terus menerus memperbaiki setiap fase budaya organisasional (Zainal, 2015).


Demikian yang dapat dijelaskan dan dishare mengenai istilah Total Quality Management (TQM) di PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com. Semoga bermanfaat.


Mencari istilah PengertianArtiDefinisidari? Perlu lebih banyak pengertian dari kata-kata? Temukan apa yang dishare website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!

Tag manajemen kualitas, TQM, Quality

Post a Comment for "Total Quality Management"