Definisi Kepuasan Konsumen dan Komponennya

Definisi Kepuasan Konsumen & Komponennya
Definisi Kepuasan Konsumen & Komponennya


Pengertian Arti Definisi Dari Definisi Kepuasan Konsumen dan Komponen-komponannya

Kata Kepuasan (satisfaction) berasal dari bahasa latin “satis” (artinya cukup baik, memadai) dan “Facio” (melakukan atau membuat). Kepuasan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai.


Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan (perceived) sesuai apa yang diharapkan pelanggan (Amir, 2005). Kotler (2000) mengatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang telah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya. Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen adalah respon terhadap evaluasi ketidak sesuaian atau dikonfirmasi yang dirasakan setelah pemakaian (Tse dan Wilson dalam Nasution, 2004). Oliver (dalam Peter dan Olson, 2000) menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah rangkuman kondisi psikologis yang dihasilkan ketika emosi yang mengelilingi harapan tidak cocok dan dilipat gandakan oleh perasaan-perasaan yang akan terbentuk mengenai pengalaman pengkonsumsian. Westbrook & Reilly (dalam Tjiptono, 2005) mengemukakan bahwa kepuasan konsumen merupakan respon emosional terhadap pengalaman yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dibeli.


Gaspers (dalam Nasution, 2005) mengatakan bahwa kepuasan konsumen sangat bergantung kepada presepsi dan harapan konsumen. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi presepsi dan harapan konsumen antara lain:
  1. Kebutuhan dan keinginan yang berkaitan dengan hal-hal yang dirasakan konsumen ketika sedang mencoba melakukan transaksi dengan produsen produk.
  2. Pengalaman masa lalu ketika mengkonsumsi produk dari perusahaan manapun pesaing-pesaingnya.
  3. Pengalaman dari teman-teman. Engel, Roger & Miniard (2004) mengatakan bahwa kepuasan adalah evaluasi pasca konsumsi untuk memilih beberapa alternatif dalam rangka memenuhi harapan. Band (dalam Nasution, 2005) mengatakan bahwa kepuasan tercapai ketika kualitas memenuhi dan melebihi harapan, keinginan dan kebutuhan konsumen. Sebaliknya, bila kualitas tidak memenuhi dan melebihi harapan, keinginan dan kebutuhan konsumen maka kepuasan tidak tercapai.



Konsumen yang tidak puas terhadap barang atau jasa yang dikonsumsinya akan mencari perusahaan lain yang mampu menyediakan kebutuhannya. Dari berbagai pendapat diatas dapat disimpulkan oleh pengertianartidefinisidari.blogspot.com bahwa pengertian arti definisi dari kepuasan konsumen yaitu tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja produk yang dia rasakan dengan harapannya.


Komponen-komponan Kepuasan Konsumen

Seperti yang telah dikemukakan oleh pengertianartidefinisidari.blogspot.com bahwa ada banyak pengertian arti definisi dari kepuasan konsumen. Menurut amir (2005) sekalipun banyak pengertian arti definisi dari kepuasan konsumen, namun secara umum tetap mengarah kepada ketiga (3) komponen utama, yaitu :


1) Respon : Tipe dan intensitas

Kepuasan konsumen merupakan emosional dan juga kognitif. Intensitas responnya mulai dari sangat puas dan menyukai produk sampai sikap yang apatis terhadap produk tertentu.


2) Fokus

Fokus pada permomansi objek disesuaikan pada beberapa standar. Nilai standar ini secara langsung berhubungan dengan produk, konsumsi, keputusan berbelanja, penjual dan toko.


3) Waktu Respon

Respon terjadi pada waktu tertentu, antara lain : setelah konsumsi, setelah pemilihan produk atau jasa, berdasarkan pengalaman akumulatif. Durasi kepuasan mengarah kepada berapa lama respon kepuasan itu berakhir.


Rangkuman

Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan (perceived) sesuai apa yang diharapkan pelanggan (Amir, 2005), sementara Kotler (2000) mengatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang telah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya.

Baca juga APA YANG DIMAKSUD PRODUSEN, KONSUMEN, PENGURAI ITU?

Menurut amir (2005) sekalipun banyak pengertian arti definisi dari kepuasan konsumen, namun secara umum tetap mengarah kepada ketiga komponen utama, yaitu Respon : Tipe dan intensitas, Fokus, dan Waktu Respon.


Mencari istilah Pengertian Arti Definisi Dari? Perlu lebih banyak pengertian dari kata-kata? Temukan apa yang dishare website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!


Penulis : Pengelola blog, pengertianartidefinisidari.blogspot.com
Sumber : Susanto, 2011. Filsafat Ilmu. Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta : Bumi Aksara

Post a Comment for "Definisi Kepuasan Konsumen dan Komponennya"