PENGERTIAN EMAIL SERTA FUNGSI DAN CARA MEMBUATNYA

Pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Surat elektronik atau e-mail atau email adalah layanan Internet yang memungkinkan orang yang memiliki alamat e-mail untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Pesan e-mail sebagian besar dikirim melalui teks, terkadang dengan gaya HTML.


Secara singkatnya pesan e-mail didefinisikan sebagai transmisi pesan melalui jaringan komunikasi. Biasanya pesan adalah catatan yang dimasukkan dari keyboard atau file elektronik tersimpan di disk. Kebanyakan mainframe, minicomputer, maupunjaringan komputer memiliki sistem email.


Format umum alamat email adalah domain diikuti @, dan sebagai contoh spesifiknya adalah nama pendaftar @gmail.com. Alamat terdiri dari dua bagian. Bagian sebelum simbol @ mengidentifikasi nama kotak pesan. Ini sering menjadi nama pengguna penerima, misalnya daftar.


Email elektronik, atau email, metode atau cara kerjanya untuk menukar pesan digital antar orang yang menggunakan perangkat digital seperti komputer dan hp. Alamat email dan email ID hampir sama. ID singkatan dari nama domain teregenerasi yang disebut IDN.


Sedangkan cara kerja email secara sederhana nya seperti ini; Pengirim menyusun pesan menggunakan klien email di komputer mereka. Saat pengguna mengirim pesan, teks email dan lampiran diupload ke server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) sebagai surat keluar. Dari metode kerja email tersebut dapat memiliki manfaat utama sebagai alat komunikasi, >daftar akun Facebook, Instagram, Twitter, serta kebutuhan mendaftar akun-akun lainnya.


Setelah memahami tentang arti dari e-mail, lalu apa fungsi dan bagaimana cara membuat email. Berikut uraiannya:


FUNGSI EMAIL

Surel atau surat elektronik yang umum disebut dengan email, memiliki banyak fungsi. Dari sekian banya fungsi-fungsi dalam penggunaan email ada beberapa fungsi utama seseorang menggunakan akun tersebut. Diantaranya:

1. Mengirim dan Menerima Pesan

Tentu saja manfaat utama dari email adalah sebagai alat untuk mengirim atau menerima sebuah pesan. Pesan akan sangat cepat diterima ketika pengirim mengirim pesan kepada satu ataupun beberapa orang. Hal ini berbeda dengan surat pos yang membutuhkan waktu lama untuk membacanya.


Akun Email bertindak sebagai alamat virtual untuk pesan Email. Ini diberikan kepada penggunanya oleh Penyedia Akun Email dalam kebanyakan kasus penyedia layanan Internet dan berisi informasi tentang username, penyedia akun email, sandi dan email.


Untuk memudahkan, sebagai contoh ketika kita mendaftar email dari salah satu layanan seperti Google yaitu GMail memungkinkan Anda untuk mengirim sebuah pesan baik itu lewat lewat hp Android atau Smartphone bahkan komputer.


Tentu saja sebelum mengirim email kita diharuskan untuk masuk ke akun email yang telah dibuat. Ketika berhasil masuk baru bisa menulis sebuah pesan.

PENGERTIAN EMAIL SERTA FUNGSI DAN CARA MEMBUATNYA

2. Alat Promosi

Jika Anda merupakan pekerja ataupun pembisnis, tentu salah satu alat yang harus dimiliki adalah Email. Karena melalui akun ini akan memudahkan mereka untuk berkomunikasi hingga dijadikan alat promosi agar meningkatkan profit perusahaan.


Promosi merupakan sesuatu yang harus dilakukan sebagai cara agar profit bisnis dapat meningkat. Bahkan bukan hanya usaha besar menjadikan email sebagai alat tapi juga startup pun menggunakannya.


3. Daftar Akun

Ketika seseorang mendaftar email baru tentu tentunya memiliki tujuan salah satunya agar dapat membuat sebuah akun. Akun tersebut bisa berupa keinginan daftar Facebook, Instagram juga Twitter maupun akun baru lainnya.


Membuat email ada yang gratis maupun berbayar, tergantung dari penggunanya. Pembuatan email baru yang banyak diminati adalah buat akun email secara gratis dari layanan penyedianya. Adapun e-mail gratis ini banyak dipilih karena tidak sedikit seseorang masuk ke akun tersebut untuk melakukan verifikasi bikin akun seperti Facebook atau Instagram. Dimana saat mendaftar Facebook, maka harus mengisi alamat e-mail.


4. Mengaktifkan Android

Apabila Anda membeli Smartphone khususnya Android baru, agar dapat menggunakan perangkat tersebut, tentu harus memasukkan alamat email terlebih dahulu. Pada umumnya mengaktifkan Android menggunakan GMail. Karena di hp Android pasti terinstal Google play dimana ketika akan membeli aplikasi gratis dari produk Google ini penggunanya pasti mengaktifkan Android tersebut pakai Google Mail (GMail).



CARA MEMBUAT EMAIL

Untuk cara membuat email baru maupun mendaftarkan akun buat email gratis sangat mudah dan cepat, karena cara nya juga bisa dilakukan lewat hp Android, Lapto, Komputer, juga media lainnya.

Sebelum daftar email secara gratis, ini beberapa penyedia layanan email gratis yang menurut kami bisa menjadi referensi Anda.

1. Gmail.

Gmail bisa dikatkan sebagai penyedia layanan email gratis terbaik untuk saat ini. Gmail ini sangat sederhana dan user-friendly. bahkan mereka menawarkan lebih dari 10GB penyimpanan gratis, memiliki filter spam yang sangat baik dan memungkinkan akses melalui perangkat mobile.


2. Outlook.com.

Outlook.com adalah layanan email Hotmail.com yang baru diciptakan kembali. Ini membangun dari kekuatan Outlook pada PC dan Mac, dan fitur antarmuka pengguna lebih rapi tanpa iklan bergambar. Outlook dibangun berdasarkan tren terbaru dalam komunikasi internet.

Anda dapat terhubung dengan jaringan sosial dari dalam akun email, mengintegrasikan skydrive yang mencakup file Office Web Apps untuk Word, Excel dan PowerPoint.


3. Yahoo Mail.

Yahoo mail baru berdiri di antara layanan email gratis terbaik yang tersedia di perangkat web dan seluler. Mereka menawarkan penyimpanan email tak terbatas, jejaring sosial, pesan instan dan SMS.

Anda dapat melihat tayangan slide, foto dan video langsung dari dalam kotak surat Anda. Anda bisa mengirim hingga 50 file atau ukuran file 100MB dalam satu email.

4. Zoho Mail.

Zoho mail ditujukan untuk para profesional. Zoho menampilkan kalender, task manager, catatan dan obrolan instan serta aplikasi bisnis lainnya yang ditemukan di aplikasi Google untuk bisnis. Mudah diatur dan dikelola. Mengesankan, Zoho mail tidak tampil menambahkan untuk melindungi privasi Anda. Pesan email bahkan tidak dipindai untuk kata kunci untuk tujuan pemasaran.

5. Mail.com.

Mail.com menawarkan sebagian besar fitur email penting yang mungkin dapat dipikirkan. Kelebihannya, kamu bisa memilih nama domain email yang paling sesuai dengan yg diinginkan dan lebih dari lebih 200 nama domain, contohnya:  namapengguna@consultant.com, namaanda@journalist.com, dll. akan tetapi yang default adalah namaanda@mail.com.



Dan masih banyaknya lagi email gratisan yang dapat didaftar sebagai alat untuk komunikasi maupun membuat akun media sosial seperti Instagram, dsb.


Setelah melihat beberapa penyedia layanan e-mail gratis diatas, kini saatnya kami membahas bagaimana cara membuat email baru. Untuk contoh membuat akun email, misalnya membuat akun Google yaitu GMail.


MENDAFTAR GMAIL

Untuk daftar akun Google baru di GMail, langkah yang harus dilakukan yaitu:

1. Kunjungi Halaman Google

Pastikan anda memulai dengan mengunjungi halaman untuk Google agar dapat melakukan proses pendaftaran. atau klik halaman pembuatan akun Google.

2. Buat Account

Silahkan lengkapi formulir pembuatan account baru. Pastikan bahwa saat membuat GMail Account agar bisa masuk ke account yang dibuat harus mengisi form dengan sesungguhnya.

3. Masuk ke GMail

Ketika proses buat akun baru selesai maka Anda bisa langsung masuk/ login ke akun GMail tadi untuk menulis ataupun menerima pesan. Apabila masih dalam kondisi login, berarti kamu berhak untuk menggunakan produk Google lainnya seperti Google Play, Youtube, dan lainnya.

Baca : Lupa Password GMail dan Nomor HP sudah tidak aktif? Begini Cara Memulihkan Email Google dengan Mudah


KESIMPULAN DARI PENGERTIAN EMAIL DAN CARA MEMBUATNYA

Email itu penting karena menciptakan bentuk komunikasi yang cepat dan andal yang bebas dan mudah diakses. Hal ini tidak ditandai oleh ketidaknyamanan yang umumnya terkait dengan media komunikasi tradisional, seperti telepon atau surat pos.


Server surat keluar dikenal sebagai SMTP, atau Simple Mail Transfer Protocol, server. Server surat masuk datang dalam dua varietas utama. POP3, atau Post Office Protocol, versi 3, server paling terkenal karena menyimpan pesan yang dikirim dan diterima pada hard drive lokal PC, Pengertianartidefinisidari.blogspot.com.

1 comment for "PENGERTIAN EMAIL SERTA FUNGSI DAN CARA MEMBUATNYA"

  1. Pengertian EMAIL: Merupakan singkatan dari electronic mail yaitu surat elektronik yang memungkinkan seseorang mengirimkan pesan melalui internet.

    Fungsi Email:
    -Mengirim dan menerima pesan
    -Sebagai alat promosi
    -Daftar akun
    -Mengaktifkan android

    Cara Membuat Email:
    -Subject line sebuah email
    -Menulis konten email
    -Memastikan email
    -Mengombonasikan tulisan,gambar serta warna yang menarik.

    ReplyDelete