PENGERTIAN SERTA TUJUAN MANAJEMEN SECARA UMUM MAUPUN PARA AHLI

Pengertian, Definisi, Arti - Manajemen (dalam bahasa Inggris: Management) secara umum adalah adalah administrasi organisasi, apakah itu bisnis, nirlaba, atau badan pemerintah. Hal ini mencakup pengertian bahwa manajemen adalah kegiatan pengaturan strategi usaha dan mengkoordinasikan upaya karyawannya (maupun sukarelawan) untuk mencapai tujuannya melalui penerapan sumber daya tersedia, seperti keuangan, alam, teknologi, juga manusia. Istilah kata "manajemen" dapat merujuk kepada orang yang mengelola suatu perusahaan.


Organisasi yang lebih besar umumnya memiliki tiga macam macam level manajer, yang biasanya diorganisasikan oleh struktur hierarkis, piramida:
  1. Manajer senior, seperti anggota Dewan Direksi dan Chief Executive Officer (CEO) atau Presiden suatu organisasi. Mereka menetapkan tujuan strategis organisasi dan membuat keputusan tentang bagaimana organisasi secara keseluruhan akan beroperasi. Manajer senior umumnya adalah profesional tingkat eksekutif, dan memberikan arahan kepada manajemen menengah yang secara langsung atau tidak langsung melapor kepada mereka.
  2. Manajer menengah, contohnya termasuk manajer cabang, manajer regional, manajer departemen dan manajer bagian, memberikan arahan kepada manajer lini depan. Manajer menengah mengkomunikasikan tujuan strategis manajemen senior kepada para manajer lini depan.
  3. Manajer yang lebih rendah, seperti supervisor dan pemimpin tim garis depan, mengawasi pekerjaan karyawan reguler (atau sukarelawan, dalam beberapa organisasi sukarela) dan memberikan arahan pada pekerjaan mereka.

Dari Macam-macam manajemen diatas dilihat dari kedudukannya maka memiliki beragam macam fungsi menyesuaikan level mereka.



Beberapa definisi Manajemen menurut para ahli adalah:

  • "Manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin." (perencanaan dan pengendalian) - F.W. Taylor (bapak manajemen ilmiah)
  • "Manajemen adalah meramalkan, merencanakan, mengatur, memerintah, mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan orang lain." Henri Fayol (bapak manajemen modern)
  • "Manajemen adalah proses di mana kelompok kooperatif mengarahkan tindakan menuju tujuan bersama." Joseph Massie
  • "Manajemen adalah proses di mana para manajer menciptakan, mengarahkan, memelihara dan mengoperasikan organisasi yang bertujuan melalui kerja manusia yang sistematis, terkoordinasi dan kooperatif." McFarland
  • "Manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang ditetapkan." Henry Sisk
  • "Manajemen adalah proses sosial dan teknis yang memanfaatkan sumber daya, mempengaruhi tindakan manusia dan memfasilitasi perubahan untuk mencapai tujuan organisasi." Tho Harmann, William Scott
  • "Manajemen adalah proses bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dalam lingkungan yang berubah, yang penting bagi tujuan ini adalah penggunaan sumber daya terbatas yang efektif dan efisien." Rovert Kreitner
  • "Manajemen adalah proses berpikir dan proses administratif orang atau kelompok yang bertanggung jawab yang diarahkan untuk mencapai tujuan, kebutuhan, aspirasi dan tujuan organisasi, proyek atau tugas melalui orang." Universal Management System Standard MSS 1000 - CQI Integrated Management Special Interest Group


Pengertian serta Tujuan Manajemen secara umum Maupun para Ahli

Tujuan dari Manajemen


Manajemen dengan tujuan atau Management by objectives (MBO), juga dikenal sebagai manajemen oleh hasil (MBR), pertama kali dipopulerkan oleh Peter Drucker di tahun 1954 bukunya The Practice of Management. Manajemen oleh tujuan adalah proses mendefinisikan tujuan spesifik dalam suatu organisasi yang manajemen dapat menyampaikan kepada anggota organisasi, kemudian memutuskan bagaimana mencapai setiap tujuan secara berurutan. Proses ini memungkinkan manajer untuk mengambil pekerjaan yang perlu dilakukan selangkah demi selangkah untuk memungkinkan lingkungan kerja yang tenang, namun produktif. Proses ini juga membantu anggota organisasi untuk melihat pencapaian mereka saat mereka mencapai setiap tujuan, yang memperkuat lingkungan kerja yang positif dan rasa pencapaian. Bagian penting dari MBO adalah pengukuran dan perbandingan kinerja aktual karyawan dengan standar yang ditetapkan. Idealnya, ketika karyawan sendiri telah terlibat dengan penetapan tujuan dan memilih tindakan yang harus diikuti oleh mereka, mereka lebih mungkin untuk memenuhi tanggung jawab mereka.


Sistem manajemen oleh tujuan dapat digambarkan sebagai suatu proses di mana atasan dan bawahan bersama-sama mengidentifikasi tujuan bersama, menentukan area tanggung jawab masing-masing individu dalam hal hasil yang diharapkan darinya. Dengan menggunakan langkah-langkah ini sebagai panduan untuk mengoperasikan unit dan menilai kontribusi masing-masing anggotanya.


Manajemen berdasarkan tujuan pada intinya adalah proses pengusaha / supervisor yang berusaha untuk mengelola bawahan mereka dengan memperkenalkan serangkaian tujuan spesifik yang dapat dicapai oleh karyawan dan perusahaan untuk dicapai dalam waktu dekat, dan bekerja untuk memenuhi tujuan tersebut.


Lima langkah:
  1. Tinjau tujuan organisasi
  2. Tetapkan tujuan pekerja
  3. Pantau kemajuan
  4. Evaluasi
  5. Memberi imbalan


Ketika manajemen meiliki tujuan dalam pengertian lebih luas maka akan memiliki manfaat. Manfaat tersebut meliputi;

  • Motivasi - Melibatkan karyawan dalam seluruh proses penetapan tujuan dan meningkatkan pemberdayaan karyawan. Ini meningkatkan kepuasan dan komitmen kerja karyawan.
  • Komunikasi dan koordinasi yang lebih baik - Ulasan dan interaksi yang sering dilakukan antara atasan dan bawahan membantu menjaga hubungan yang harmonis di dalam organisasi dan juga untuk memecahkan masalah.
  • Kejelasan tujuan.
  • Bawahan cenderung memiliki komitmen yang lebih tinggi terhadap tujuan yang mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri daripada yang dikenakan pada mereka oleh orang lain.
  • Manajer dapat memastikan bahwa tujuan bawahan terkait dengan tujuan organisasi.
  • Tujuan umum untuk seluruh organisasi berarti itu adalah prinsip manajemen yang menyatukan dan mengarahkan.




Kesimpulan Pengertian dan Tujuan Manajemen secara umum juga para Ahli bahwa ketika manajemen dalam sebuah organisasi memiliki konsep visi misi yang jelas untuk mencapainya maka memudahkan dalam memotivasi karyawan.



Sumber: Wikibook: Management Concepts and Applications dan Management by type

Post a Comment for "PENGERTIAN SERTA TUJUAN MANAJEMEN SECARA UMUM MAUPUN PARA AHLI"