APA ITU PENYAKIT AUTOIMUN

penyakit utoimun adalah mengacu pada masalah dengan sistem kekebalan tubuh, yang biasanya melawan virus, bakteri, dan infeksi. Masalahnya menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh Anda menyerang tubuh Anda secara tidak sengaja.


Pengertianartidefinisidari.blogspot.com - penyakit utoimun adalah mengacu pada masalah dengan sistem kekebalan tubuh, yang biasanya melawan virus, bakteri, dan infeksi. Masalahnya menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh Anda menyerang tubuh Anda secara tidak sengaja. Penyakit-penyakit ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh. Pengertian dari para ahli yang mesti diingat adalah:
  • Penyakit autoimun mengacu pada masalah dengan sistem kekebalan tubuh, yang biasanya melawan virus, bakteri, dan infeksi.
  • Masalahnya menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh Anda menyerang tubuh Anda secara tidak sengaja.
  • Penyakit-penyakit ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh.
  • Dalam kebanyakan kasus, dokter Anda akan meresepkan obat untuk mengurangi kemerahan, rasa sakit, dan pembengkakan.

Ketika sistem kekebalan tubuh berfungsi secara normal, ia menghasilkan respons yang dimaksudkan untuk melindungi terhadap zat-zat berbahaya atau asing seperti bakteri, parasit, dan sel kanker. Responsnya mungkin termasuk sel imun spesifik dan / atau antibodi. Penyakit autoimun muncul ketika sistem kekebalan tubuh menghasilkan respons terhadap satu atau lebih dari konstituen normal tubuh seolah-olah mereka berbahaya. Ketika sistem kekebalan tubuh gagal untuk membedakan antara "diri" dan "non-diri", ia dapat menghasilkan sel kekebalan atau antibodi (disebut autoantibodi) yang menargetkan sel, jaringan, dan / atau organnya sendiri. Serangan-serangan itu menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan yang menyebabkan gangguan autoimun.



APA SAJA GEJALA PENYAKIT AUTOIMUN?

Sebagian besar penyakit autoimun menyebabkan kemerahan, panas, nyeri, dan bengkak. Banyak penyakit autoimun mempengaruhi lebih dari satu bagian tubuh. Gejala-gejala yang Anda alami tergantung pada bagian tubuh yang terkena, seperti:
  1. Sendi, yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan.
  2. Tiroid, yang mungkin menyebabkan Anda lelah, menambah berat badan, atau sakit otot.
  3. Kulit, yang dapat menyebabkan ruam, lepuh, dan perubahan warna.


APA YANG MENYEBABKAN PENYAKIT AUTOIMUN?

Tidak ada yang yakin apa yang menyebabkan penyakit autoimun. Dalam kebanyakan kasus, penyakit Anda mungkin disebabkan oleh:
  • Gen, yang mungkin membuat Anda lebih mungkin menderita penyakit ini.
  • Lingkungan, seperti virus yang memicu penyakit jika Anda memiliki gen.


Umumnya penyebab sebagian besar penyakit autoimun tidak diketahui, tetapi tampaknya ada kecenderungan (genetik) bawaan dalam banyak kasus. Pada beberapa jenis penyakit autoimun (seperti demam rematik), virus atau infeksi bakteri memicu respons imun. Antibodi atau sel kekebalan yang disebut sel-T menyerang sel normal karena beberapa bagian strukturnya menyerupai bagian dari mikroba yang menginfeksi.


APA SAJA JENIS PENYAKIT AUTOIMUN?

Gangguan penyaikit autoimun terdiri dari dua jenis umum: yang merusak banyak organ (penyakit autoimun sistemik) dan yang hanya memiliki satu organ atau jaringan yang secara langsung dirusak oleh proses autoimun (terlokalisasi). Namun, perbedaan menjadi kabur karena efek gangguan autoimun lokal sering melampaui jaringan yang ditargetkan, secara tidak langsung mempengaruhi organ dan sistem tubuh lainnya.


Dalam beberapa kasus, antibodi mungkin tidak diarahkan pada jaringan atau organ tertentu. Sebagai contoh, antibodi antifosfolipid dapat bereaksi dengan zat (fosfolipid) yang merupakan konstituen normal trombosit dan lapisan sel terluar (membran sel). Reaksi ini dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah yang tidak tepat di dalam pembuluh darah (trombosis).



APA SAJA CIRI-CIRI SESEORANG MENGALAMI GANGGUAN PENYAKIT AUTOIMUN?

Penyakit autoimun bisa sulit dikenali dan didiagnosis. Penyakit autoimun yang mempengaruhi banyak organ dapat menyebabkan tanda dan gejala yang sangat bervariasi yang dapat berubah dalam tingkat keparahan dari waktu ke waktu. Tanda dan gejala yang samar dan lambat dapat muncul dan dapat menyesatkan selama diagnosis. Beberapa gejala Penyakit autoimun yang lebih umum termasuk kelelahan, perasaan tidak enak badan, pusing, nyeri sendi, ruam, dan demam ringan.


Tes laboratorium yang dilakukan untuk mendiagnosis gangguan autoimun tergantung pada Penyakit gangguan tertentu yang dicurigai praktisi kesehatan tetapi biasanya meliputi tes darah untuk satu atau lebih autoantibodi serta tes untuk peradangan.


APA SAJA CONTOH DARI PENYAKIT AUTOIMUN?

Berikut ini adalah daftar contoh-contoh dari jenis penyakitnya:
  1. Penyakit Addison
  2. Sindrom Antifosfolipid
  3. Hepatitis autoimun
  4. Penyakit celiac
  5. Sindrom Guillain-Barre
  6. Tiroiditis Hashimoto
  7. Penyakit radang usus
  8. Multiple Sclerosis
  9. Arthritis Reaktif
  10. Radang sendi
  11. Lupus (Systemic Lupus Erythematosus atau SLE)
  12. Diabetes Tipe 1
  13. Vaskulitis


BAGAIMANA CARA MENGOBATI PENYAKIT AUTOIMUN?

Pengobatan tergantung pada jenis penyakit autoimun. Dalam kebanyakan kasus, dokter Anda akan meresepkan obat untuk mengurangi kemerahan, rasa sakit, dan pembengkakan


Mencari makna kata-kata? Perlu lebih banyak PengertianArtiDefinisidari? Temukan website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!

Post a Comment for "APA ITU PENYAKIT AUTOIMUN"