HEWAN KARNIVORA, HERBIVORA DAN OMNIVORA

PENGERTIANARTIDEFINISIDARI: HEWAN KARNIVORA, HERBIVORA DAN OMNIVORA LENGKAP

PENGERTIAN DARI KARNIVORA 

Secara umum jenis Hewan Karnivora adalah golongan hewan pemakan daging. Adapun menurut pendapat para ahli dalam mendefinisikan Hewan Karnivora contohnya sebagai berikut: karnivora dalam istilah Latin ialah "Caro" yang berarti "Daging" dan "Vorare" yang berarti "makan". Jikalau kita lihat definisi dari Karnivora dari semua buku menurut pakar pasti jawabannya hewan yang memakan daging. Jadi sudah jelas bahwa Karnivora termasuk hewan yang hanya bisa memakan daging saja. Contohnya seperti anjing, kucing, harimau, singa, macan, burung gagak, burung hantu, hiu dan sebagainya. Kebanyakan hewan Karnivora hidup di daerah hutan subur terutama di Indonesia. Hewan-hewan tersebut dinamakan Karnivora.

CIRI-CIRI

Adapun ciri-ciri hewan Karnivora diantaranya memiliki ciri sebagai berikut:
  1. Memiliki gigi taring (canini) yang kuat untuk digunakan mengoyak daging atau ikan, mencakup golongan anjing, kucing, dan harimau.
  2. Dalam suatu ekosistem herbivora dikenal sebagai konsumen pertama dan kedua.
  3. Susunan gigi hewan karnivora terdiri dari gigi taring panjang dan runcing yang berguna untuk memotong makanannya.
HEWAN KARNIVORA, HERBIVORA DAN OMNIVORA
Gambar hewan karnivora


PENGERTIAN DARI HERBIVORA

Secara umum jenis Hewan Herbivora adalah golongan hewan pemakan tumbuhan. Adapun menurut pendapat para ahli dalam mendefinisikan Hewan Herbivora contohnya sebagai berikut: Herbivora dalam istilah Latin ialah "Herba" yang berarti "tumbuhan rerumputan" dan "Vorare" yang berarti "makan". Herbivora adalah suatu golongan hewan pemakan tumbuhan saja. Jikalau kita lihat definisi dari herbivora dari semua buku menurut pakar pasti jawabannya hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Jadi sudah jelas bahwa herbivora termasuk hewan yang hanya bisa memakan tumbuh-tumbuhan saja. Contohnya seperti gajah, kelinci, kuda, sapi, kambing, dan sebagainya. Kebanyakan hewan herbivora hidup di daerah subur terutama di Indonesia. Hewan-hewan tersebut dinamakan herbivora.


CIRI-CIRI

Adapun ciri-ciri hewan herbivora diantaranya memiliki ciri sebagai berikut:
  1. Hanya memiliki gigi geraham saja sebagai alat mencerna makanan mencakup golongan gajah, kelinci, kuda, sapi, dan kambing.
  2. Dalam suatu ekosistem herbivora dikenal sebagai konsumen pertama, karena ia sebagai pemakan produsen (tumbuhan hijau).
  3. Susunan gigi hewan herbivora biasanya terdiri atas gigi seri untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
HEWAN KARNIVORA, HERBIVORA DAN OMNIVORA
gambar hewan herbivora


PENGERTIAN DAN DEFINISI DARI OMNIVORA

Secara umum jenis Hewan Omnivora adalah golongan hewan pemakan tumbuhan dan daging singkatnya disebut hewan pemansa segalanya. Adapun menurut pendapat para ahli dalam mendefinisikan Hewan Omnivora contohnya sebagai berikut: Omnivora dalam istilah Latin ialah "Omnis" yang berarti "segalanya" dan "Vorare" yang berarti "makan". Omnivora adalah suatu golongan hewan pemakan segalanya dalam arti golongan karnivora dan herbivora. Jikalau kita lihat definisi dari Omnivora dari semua buku menurut pakar pasti jawabannya hewan yang memakan daging dan tumbuhan. Jadi sudah jelas bahwa Omnivora termasuk hewan yang bisa memakan segalanya yang tidak dilakukan oleh herbivora dan karnivora. Contohnya seperti babi, gorila, monyet, luwak atau musang, manusia, beruang dan sebagainya. Kebanyakan hewan herbivora hidup di daerah hutan subur terutama di Indonesia. Hewan-hewan tersebut dinamakan Omnivora.

CIRI-CIRI

Adapun ciri-ciri hewan Omnivora diantaranya memiliki ciri sebagai berikut:
  1. Susunan giginya memiliki tiga macam, yaitu; ada gigi geraham untuk mengunyah makanan, gigi taring untuk mengoyak makanan, dan gigi seri untuk memotong makanan, mencakup golongan babi, gorila, monyet, luwak atau musang, manusia, dan beruang.
  2. Hewan Omnivora memiliki gigi yang lengkap dari hewan herbivora dan hewan karnivora.

HEWAN KARNIVORA, HERBIVORA DAN OMNIVORA
gambar hewan omnivora


DEFINISI KESIMPULAN DARI HEWAN KARNIVORA, HERBIVORA, OMNIVORA DAN INSEKTIVORA

Selain jenis dari hewan golongan omnivora, herbivora dan karnivoraterdapat pula hewan insektivora. Secara umum jenis Hewan Insektivora adalah golongan hewan pemakan serangga. Adapun menurut pendapat para ahli dalam mendefinisikan Hewan insektivora contohnya sebagai berikut: insektivora dalam istilah Latin ialah "sectum" yang berarti "Daging" dan "Vorare" yang berarti "makan". Jikalau kita lihat definisi dari Insektivora dari semua buku menurut pakar pasti jawabannya hewan yang memakan serangga. Jadi sudah jelas bahwa Insektivora termasuk hewan yang hanya bisa memakan serangga dan hewan kecil lainnya saja. Contohnya seperti lalat, semut, laba-laba, cicak, anak kodok dan sebagainya. Kebanyakan hewan Insektivora hidup di semua daerah terutama di Indonesia. Hewan-hewan tersebut dinamakan Insektivora.

CIRI-CIRI

Adapun ciri-ciri hewan Insektivora diantaranya memiliki ciri sebagai berikut:
  1. Susunan puncak gigi yang tajam, mencakup golongan semut, laba-laba, cicak, dan anak kodok.
  2. Memiliki ukuran yang kecil.
  3. Merupakan mamalia terestial yang tinggal dilubang, pohon atau amfibus.
  4. Daerah olfaktori pada bagian kepala lebih panjang dari daerah kranial.
  5. Tidak mempunyai posorbital.
  6. Tulang air mata tidak melebar ke bagian wajah.
  7. Mempunyai taju paroccipital yang jelas.


Demikian pembahasan lengkap pengertianartidefinisidari.blogspot.com tentang hewan karnivora, hewan herbivora, hewan omnivora dan hewan insektivora dilengkapi contoh-contohnya, semoga bermanfaat

Post a Comment for "HEWAN KARNIVORA, HERBIVORA DAN OMNIVORA"