APA ITU NATAL: PENGERTIAN DAN DOA

Pengertian Arti Definisi Dari - Natal adalah hari raya umat Kristiani untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Jika disebut hari Natal, maka konotasinya adalah hari kelahiran Yesus, pada tanggal 25 Desember. Umat Nasrani merayakan hari Natal dirayakan secara khidmat dan kebesaran baik di dalam gereja ataupun di rumah-rumah.
https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

APA ITU NATAL?

"Lahirnya" Kristus diperingati sebagai perayaan Natal dalam bahasa Inggris Chrismas adalah bentuk singkat, yang berarti Mass of Chirst atau diucap dengan Christ Mass, yang didefinisikan sebagai hari untuk merayakan kelahiran Yesus. Definisi ini memaknai adalah pada hari Natal Yesus Kristus dilahirkan sebagai titik awal yang paling penting dalam misi Kristus.


Pengertian arti definisi dari Natal Kristus bisa dikatakan bahawa ini merupakan motivasi Allah untuk membantu umat manusia. Natal sebagai kabar baik bagi semua orang di sekitarnya, bahwa Allah telah membuktikan kasih-Nya bagi dunia ini dalam diri Yesus Kristus, dan semoga dengan Natal bisa menjadi berkat bagi semua umat manusia, terlebih bagi umat Allah yang sedang ditebus-Nya.


APA YANG DIMAKSUD DENGAN BERKAT BAGI UMAT MANUSIA?

Bagi kita orang yang beriman, perayaan Natal mempunyai arti yang lebih dalam dan tidak sekedar sebagai perayaan untuk bergembira atau bersenang-senang. Perayaan Natal merupakan perayaan yang penuh berkat dan rahmat karena pada hari itu kita mengenangkan kelahiran Dia yang telah mengubah dunia. Sejarah dunia mulai berubah ketika Tuhan Yesus Kristus lahir ke dunia, Putra Allah menjelma menjadi manusia. Dia membawa sesuatu yang baru kepada dunia yang sampai pada waktu itu belum dikenal oleh manusia. Sesuatu yang baru tersebut yakni Allah adalah kasih. Kita sebagai orang beriman diundang untuk mengambil bagian dalam hidup Allah yang adalah kasih itu sendiri.


Dalam perjanjian lama orang mengenal Allah sebagai yang Maha Kuasa, Maha Tahu, Maha Adil. Tetapi Allah sebagai kasih menjadi nyata dalam kedatangan atau kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Karena Dialah yang menyatakan kepada kita bahwa siapa sebenarnya Allah itu. Dengan melihat Yesus Kristus kita melihat Allah sendiri. Dengan melihat Dia, kita memandang Allah yang tidak tampak, yang tidak kelihatan. Dengan mendengarkan Dia, kita mendengarkan Allah. Dengan mengalami kasih-Nya kita juga mengalami kasih Allah. Inilah hal baru yang dibawa Yesus kepada kita yakni kasih Allah yang berlimpah dan kasih ini membuahkan damai yang begitu dalam.

Baca: APA PERBEDAAN PASKAH DAN NATAL?

NATAL DALAM AYAT-AYAT ALKITAB

Natal cenderung dirayakan sebagai tradisi mendunia, namun umat kristiani sendiri memperingati Natal Kristus ini dengan lebih berfokus pada rasa syukur dengan khidmat kepada Allah yang telah rela merendahkan diri-Nya sebagai manusia. Kelahiran Yesus di dunia mempunyai suatu titik awal yang paling penting dalam misi Kristus.


Dilahirkan bukan dari campuran laki-laki dan perempuan, melainkan campur tangan Allah yakni diperankan oleh kuasa Roh Allah. "Kelahiran Yesus Kristus adalah sebagai berikut: pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf ternyata ia mengandung dari roh kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri” (Mat : 1:18)


Sebenarnya Natal adalah suatu pemberian Allah yang paling besar bagi umat manusia. Natal merupakan wujud Kasih Allah pada manusia. “Karena begitu besar kasih Allah akan mendunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”. (Yoh: 3:16)


Natal merupakan motivasi Allah untuk membantu umat manusia. Natal sebagai kabar baik bagi semua orang di sekitarnya, bahwa Allah telah membuktikan kasih-Nya bagi dunia ini dalam diri Yesus Kristus, dan semoga dengan Natal bisa menjadi berkat bagi semua umat manusia, terlebih bagi umat Allah yang sedah ditebus-Nya. Kelahiran Yesus atau perayaan Natal memang tidak ditulis bahkan tidak ada anjuran dalam Alkitab, untuk merayakan kelahiran-Nya dengan berpesta dan bersenang-senang, memasang pohon dan lain-lain. Untuk mengungkapkan rasa syukur manusia terhadap-Nya. Tetapi memperingati kelahiran Yesus itu harus dan mutlak dalam kehidupan setiap orang yang mempercayai tentang kedatangan-Nya di dunia yang bertujuan untuk menyelamatkan manusia.


DOA PADA PERAYAAN NATAL

Tuhan Yesus, betapa senangnya kami karena sebentar lagi kami akan merayakan hari kelahiran-Mu Tuhan. Di banyak gereja-Mu Tuhan mulai terlihat berbagai kesibukan dalam mempersiapkan ibadah dan perayaan Natal. Hati kami bersuka cita dan dengan penuh semangat kamipun turut ambil bagian dalam pelayanan mempersiapkan peringatan akan hari kelahiran-Mu.


Ya Tuhan Yesus, Kami mohon Engkau menolong kami semua yang terlibat dalam persiapan ibadah dan perayaan Natal, agar kami boleh saling bekerja sama dengan baik satu dengan yang lainnya, dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya.


Dan yang paling penting adalah kami ingat bahwa ini semua adalah untuk kemuliaan nama-Mu, untuk menyenangkan hati-Mu dan bukan untuk kebanggaan ataupun kepuasan kami.


Ingatkan kami juga Tuhan di tengah krisis global termasuk Pandemi covid 19 yang terjadi ini, ‘tuk tidak terlalu boros dalam mengeluarkan dana ‘tuk perayaan yang besar-besaran yang dapat menjadi kecemburuan sosial ataupun batu sandungan, karena yang terpenting bukanlah meriahnya pesta dan acara, namun makna kelahiran-Mu jauh lebih penting, dan makna kelahiran-Mu itulah yang harus kami sampaikan agar menjadi berkat bagi mereka yang mendengarkannya.


Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa,


Amin


Akhir kata pengertianartidefinisidari.blogspot.com mengucapkan selamat merayakan hari raya Natal dan selamat Tahun Baru. Semoga malam Natal dapat membantu kita mengalami kedamaian dan kegembiraan atas kehadiran Tuhan bersama kita.

Post a Comment for "APA ITU NATAL: PENGERTIAN DAN DOA"