MACAM-MACAM GLOBALISASI

Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Contohnya adalah Masuknya budaya Amerika ke Indonesia, Masuknya budaya barat ke Indonesia. Pada kesempatan kali ini kita belajar bersama tentang materi Ppkn dan IPS di pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Ada tiga jenis utama globalisasi untuk pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS): politik, sosial dan ekonomi.

Pengertian Arti Definisi Dari Lainnya: PENGERTIAN DAN DAMPAK GLOBALISASI YANG PERLU ANDA KETAHUI
https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

Globalisasi politik

Globalisasi politik adalah mengacu pada jumlah kerja sama politik yang ada di antara berbagai negara.


Dalam pengertianartidefinisidari ini terkait dengan keyakinan bahwa organisasi global "payung" ditempatkan lebih baik daripada negara individu untuk mencegah konflik. Liga Bangsa-Bangsa yang didirikan setelah Perang Dunia I jelas merupakan salah satu pelopor dalam hal ini. Sejak saat itu, organisasi global seperti Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization - WTO), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan lebih banyak organisasi regional seperti Uni Eropa telah membantu meningkatkan derajat globalisasi politik.


Globalisasi sosial

Globalisasi sosial adalah mengacu pada berbagi ide dan informasi antara dan melalui berbagai negara.


Di dunia saat ini, Internet dan media sosial adalah jantungnya. Contoh yang baik dari globalisasi sosial dapat mencakup film, buku, dan serial TV yang populer secara internasional. Film dan buku Harry Potter / Twilight telah sukses di seluruh dunia, membuat karakter yang ditampilkan dapat dikenali secara global. Namun aliran budaya ini cenderung mengalir dari pusat (yaitu dari negara maju seperti budaya Amerika ke Indonesia, hingga negara kurang berkembang). Globalisasi sosial sering dikritik karena mengikis perbedaan budaya.


Globalisasi ekonomi

Globalisasi ekonomi adalah mengacu pada keterkaitan ekonomi melalui perdagangan dan pertukaran sumber daya.


Oleh karena itu, secara efektif tidak ada ekonomi nasional yang benar-benar beroperasi dalam isolasi, yang berarti ekonomi nasional saling mempengaruhi. Hal ini dibuktikan dengan jelas oleh resesi global sejak tahun 2007 dan seterusnya. Globalisasi ekonomi juga berarti bahwa ada struktur dua arah untuk teknologi dan sumber daya. Contohnya negara-negara seperti Amerika akan menjual teknologinya ke negara-negara yang kekurangan tersebut, dan sumber daya alam dari negara-negara berkembang seperti Indonesia dijual ke negara-negara maju yang membutuhkannya.


Yang bisa diringkas pada kesempatan kali ini kita belajar bersama tentang materi IPS di pengertianartidefinisidari.blogspot.com bahwa pengertian dari Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Post a Comment for "MACAM-MACAM GLOBALISASI"