REKLAME VISUAL, KOMERSIAL DAN NON KOMERSIAL

Reklame Visual, Komersial dan Non Komersial pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Reklame Visual adalah reklame yang berbentuk gambar dan tulisan (hanya dapat dilihat). Poster yaitu contoh reklame yang berbentuk gambar dan tulisan pada selembar kertas dan ditempelkan ditempat umum. Brosur/selebaran yaitu contoh reklame yang dibuat di selembar kertas dan disebarluaskan secara langsung pada konsumen.

Baca: PERBEDAAN ANTARA LEAFLET DENGAN FLYER

Gambar Reklame Visual dengan tema budaya membaca di sekolah



Reklame komersial adalah reklame yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan biasanya berkaitan dengan iklan barang atau jasa sebuah perusahaan. Contoh: Iklan produk sabun mandi, iklan mobil yang terpampang di jalan raya, dan sebagainya.

Gambar Reklame komersial Iklan produk sabun mandi



Reklame non komersial adalah reklame yang dibuat dengan tujuan tidak untuk mendapatkan keuntungan secara bisnis melainkan untuk menghimbau, mengajak, menginformasikan sesuatu kepada orang banyak. Contoh: poster Pekan Imunisasi Nasional, poster petunjuk cuci tangan yang benar, poster peringatan penaggulangan demam berdarah, dan sebagainya.

http://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
Gambar Reklame non-komersial poster Pekan Imunisasi Nasional.




Pengertian reklame ditinjau dari asal kata yakni berasal dari bahasa latin “re clamare” atau “re calmo” memiliki arti berulang-ulang dan “clamare atau clamo” memiliki arti berteriak. Jadi reklame dapat diartikan teriakan yang dilakukan berulang-ulang dengan tujuan untuk mempromosikan, mengajak, mempengaruhi, menganjurkan, dan memberitahukan sesuatu.


Berbeda dengan reklame komersial yang bertujuan untuk mencari untung. Reklame non komersial tidak bertujuan untuk mencari untung maupun menawarkan barang dan jasa, melainkan untuk mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melakukan sesuatu. Itu sebabnya iklan non komersial ini sering disebut dengan iklan layanan masyarakat atau iklan sosial.

Baca: SENI REKLAME: ARTI, JENIS, TUJUAN, DAN UNSUR PEMBUATAN REKLAME


Demikianlah iklan Reklame Visual, Komersial dan Non Komersial pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "REKLAME VISUAL, KOMERSIAL DAN NON KOMERSIAL"