Apa itu Manajemen Operasional? Definisi, Jenis & Contoh

(ilustrasi:grafik bisnis)


Manajemen operasional yang efektif adalah inti kesuksesan bisnis, tetapi secara tradisional berjalan di latar belakang tanpa banyak gembar-gembor. Bukan itu masalahnya hari ini ya sobat pengertianartidefinisidari.blogspot.com.


Gangguan yang sedang berlangsung pada rantai pasokan global dan meningkatnya kebutuhan akan ketangkasan bisnis telah menempatkan perhatian khusus pada manajer operasional.


Perusahaan memeriksa dan memikirkan kembali proses mereka untuk meningkatkan efisiensi sehingga mereka dapat menavigasi perubahan yang konstan dan menempatkan bisnis mereka pada pijakan yang kokoh. Mereka bersandar pada manajer operasional untuk melakukannya dengan benar.


Setiap bisnis, tidak peduli ukuran atau industrinya, membutuhkan manajemen operasional yang efektif untuk mendorong profitabilitas, mencapai kesuksesan jangka panjang, dan memenangkan keunggulan kompetitif.

Baca juga APA YANG DIMAKSUD MANAJEMEN & MANAJEMEN BISNIS ITU?

Apa itu manajemen operasi?

Manajemen operasional adalah perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan praktik bisnis yang memaksimalkan efisiensi dan memastikan proses perusahaan mendorong nilai. Ini melibatkan persiapan dan pengawasan praktik yang mengubah sumber daya seperti tenaga kerja, peralatan, dan bahan mentah menjadi barang dan jasa.


Manajer operasi bekerja untuk memastikan perusahaan mencapai laba operasional tertinggi dengan menyeimbangkan biaya dan pendapatan secara hati-hati. Mereka bekerja sama dengan tim lain untuk meningkatkan produktivitas, memberikan produk dan layanan berkualitas tinggi, dan memastikan kepuasan pelanggan.


Organisasi besar biasanya memiliki Kepala manajemen operasi (KMO) sementara bisnis kecil mungkin menugaskan tugas ke peran tingkat tinggi lainnya. Selain itu, manajemen adalah posisi yang sangat strategis yang melibatkan keterampilan perencanaan, organisasi, dan komunikasi yang kuat.


Manajemen operasional terkait erat dengan manajemen rantai pasokan: Manajemen untuk mengelola proses sumber bahan, mengubahnya menjadi produk, dan mengirimkannya ke pelanggan.


Apa saja Jenis-jenis Manajemen Operasional?

Ada banyak jenis, atau aspek, manajemen operasi. Peran manajer Operasional dapat sangat bervariasi, tergantung pada ukuran bisnis dan industri. Mereka mungkin memiliki berbagai tanggung jawab atau fokus pada satu area. Area-area itu seperti contoh dibawah ini ya sobat pengertianartidefinisidari.blogspot.com:
  1. Desain dan pengembangan produk
  2. Perencanaan dan pengelolaan fasilitas produksi
  3. Pembelian/pengadaan
  4. Perkiraan
  5. Perencanaan kapasitas
  6. Manajemen persediaan
  7. Kontrol kualitas
  8. Pengiriman ke pelanggan


infografis dengan simbol yang mewakili 8 fungsi manajemen operasional
(ilustrasi:grafik bisnis


Fungsi yang terkait dengan pengelolaan operasi juga dapat dipecah menjadi strategis atau taktis; fungsi taktis menjalankan strategi atau tujuan menyeluruh.

Baca juga FUNGSI MANAJEMEN PRODUKSI

Contoh Manajemen Operasional Bisnis

Mengingat bahwa setiap bisnis perlu agar manajemen operasional berfungsi, ada banyak contoh di seluruh industri. Selain itu, setiap industri dapat memiliki berbagai fungsi operasional.


Berikut beberapa contohnya:
  1. Layanan Kesehatan – Seorang manajer Operasional fasilitas layanan kesehatan pada umumnya bertanggung jawab untuk memastikan efisiensi dalam pemberian layanan berkualitas tinggi. Itu bisa termasuk mengawasi biaya administrasi, manajemen dan mengelola klaim dan penagihan, dan kepatuhan hukum.
  2. Manufaktur – Perusahaan yang membuat peralatan rumah tangga, misalnya, memiliki proses untuk mendapatkan bahan, manajemen pabrik, memelihara, mengawasi inventaris, dan memastikan kualitas.
  3. Restoran – Manajer operasional untuk restoran atau rantai restoran biasanya bertanggung jawab atas pemeliharaan fasilitas, pelatihan dan pengawasan karyawan, perencanaan keuangan, manajemen inventaris, kepatuhan, dan penggajian.
  4. Ritel – Dalam industri yang dapat menjangkau berbagai lingkungan, mulai dari startuo-dan-umkm hingga e-commerce dan toko tunggal hingga rantai, operasional bisnis dapat mencakup banyak fungsi, termasuk sumber, inventaris, staf, logistik, manajemen toko, dan layanan pelanggan.
  5. Transportasi – Manajemen operasi untuk perusahaan transportasi termasuk mengawasi pemeliharaan kendaraan, pasokan bahan bakar, perutean, penempatan staf, dan komunikasi, di antara fungsi-fungsi lainnya.



Manajemen rantai pasokan dan manajer operasional bisnis: Perbedaannya

Di perusahaan yang lebih kecil, tanggung jawab seorang manajer operasional dapat mencakup fungsi rantai pasokan seperti manajemen untuk mengelola proses dan sistem untuk pengadaan dan pengiriman.


Manajer rantai pasokan bekerja dengan pemasok untuk mengumpulkan bahan, mengawasi pembuatan produk, dan pengiriman ke pelanggan. Mereka mengevaluasi pemasok dan menegosiasikan kontrak, menilai risiko rantai pasokan, mengelola pembelian, dan mengawasi logistik. Sebagai perbandingan, manajer operasional mungkin lebih fokus pada proses produksi internal.


Manajemen rantai pasokan yang kuat sangat penting untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mendorong pendapatan bagi perusahaan.


Bagaimana manajemen operasional memengaruhi pengalaman pelanggan

Cara bisnis mengelola dan manajemen prosesnya terkait langsung dengan pengalaman pelanggan yang diberikannya.


Ketika sebuah perusahaan memberikan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan secara tepat waktu, kepuasan pelanggan melonjak. Sebaliknya, pesanan yang tertunda atau salah akan merusak tingkat kepercayaan dan mendorong pelanggan ke persaingan.


Pelanggan ingin keinginan mereka terpenuhi, tepat waktu dan dengan harga yang baik. Mereka mengharapkan merek memenuhi janji mereka dan memberikan produk seperti yang diiklankan. Ini membutuhkan pemahaman tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, dan menggunakannya untuk menginformasikan manajemen operasional. Dengarkan umpan balik mereka untuk menyesuaikan proses sesuai kebutuhan.


Pengalaman pelanggan bukan hanya tentang titik sentuh hasil didapat; itu membutuhkan integrasi dengan operasional apa yang didapat seperti inventaris dan pemenuhan agar benar-benar sukses.


Menurut para ahli manajemen, perusahaan dapat melihat peningkatan operasional yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menganalisis perjalanan pelanggan. Misalnya, satu bank melihat bagaimana kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan rekening dan menerima kartu rekening.


Pelanggan ingin keinginan mereka terpenuhi, tepat waktu dan dengan harga yang baik. Mereka mengharapkan perusahaan memenuhi janji mereka dan memberikan produk perusahaan seperti yang diiklankan. Ini membutuhkan pemahaman tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, dan menggunakannya untuk menginformasikan manajemen operasi. Dengarkan umpan balik mereka untuk menyesuaikan proses sesuai kebutuhan.


Memahami titik puncak dapat membantu bisnis membidik perbaikan operasional yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan, kata para pakan dan ahli. Menerapkan peningkatan tersebut dapat melibatkan analitik lanjutan, otomatisasi proses, dan/atau pendekatan lean.

Baca Juga Apa itu Pendekatan Lean Manufacturing dan Konsep Dasar Lean?

Keunggulan operasional, manfaat umpan balik

Pelanggan yang puas membuktikan bahwa operasi dan proses Anda melakukan apa yang seharusnya: memberikan nilai.


Manajemen operasional yang efektif menjadi lebih penting dari sebelumnya karena kondisi pasar terus bergejolak setelah pandemi.


Hanya dengan perencanaan dan pengawasan terbaik atas berbagai prosesnya, sebuah bisnis dapat tetap tangguh, mencapai tujuan jangka panjangnya, dan bertahan lebih lama dari persaingan.

Baca juga APA ITU DEFINISI DARI MANAJEMEN OPERASIONAL PRODUKSI, FUNGSI SERTA RUANG LINGKUPNYA

*) Mencari makna kata-kata? Perlu lebih banyak PengertianArtiDefinisidari? Temukan website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!

Post a Comment for "Apa itu Manajemen Operasional? Definisi, Jenis & Contoh"