10 Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli



Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, banyak sekali para ahli yang mempunyai pendapat tentang definisi setiap cabang ilmu menurut pemahaman mereka masing-masing dan juga mempunyai kepercayaan yang lebih. Berikut ini adalah 10 pengertian dari seni budaya dari berbagai ahli:


1. Ida Bagus Putu Perwita berpendapat bahwa pengertian seni budaya adalah penunjang lembaga untuk melakukan kegiatan dan ritual adat.


2. Sartono Kartodirdjo mendefinisikan seni budaya sebagai suatu sistem koheren yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara efektif melalui satu karya seni. Dari bagian-bagiannya, kita dapat segera menunjukkan atau menjelaskan arti keseluruhannya nanti.


3. Harry Sulistiono adalah dosen seni di Universitas Pendidikan Indonesia, salah satu universitas di Indonesia. Ia menjelaskan pentingnya seni dan budaya sebagai kemampuan untuk mengekspresikan pikiran dan ide-ide estetika. Ide atau pemikiran estetis melibatkan perwujudan kemampuan dan imajinasi pandangan terhadap berbagai karya, objek, atau suasana, sehingga dapat memunculkan rasa estetis dan menciptakan peradaban yang lebih tinggi pada manusia.


4. M. Thoyib. Seni budaya adalah perwujudan dari rasa seni yang mengakar yang tertanam dalam dimensi budaya yang dapat dirasakan oleh banyak orang sepanjang sejarah peradaban manusia.


5. C. Kliucckhohn, yang mendefinisikan seni dan budaya sebagai sistem dan teknologi. Sistem dan teknik ini digunakan untuk pengetahuan, mata pencaharian, organisasi masyarakat, agama dan upacara keagamaan, pengetahuan dan bahasa.


6. Hillary Bell mendefinisikan seni budaya sebagai istilah yang digunakan dalam semua karya yang dapat menggerakkan pikiran manusia dan orang yang melihatnya, serta siapa pencipta atau pencipta karya tersebut.


7. Andreas Eppink tidak mengartikulasikan seni dan budaya, tetapi dia dengan jelas menyatakan pendapatnya tentang apa itu budaya. Kebudayaan, menurutnya, merupakan pernyataan artistik dan intelektual yang harus menjadi ciri masyarakat.


8. Edward Burnett Taylor berpendapat bahwa budaya adalah keseluruhan kompleks yang mencakup berbagai aspek kelompok masyarakat.


9. Ki Hadjar Dewantara berpendapat bahwa seni budaya adalah segala perbuatan tingkah laku manusia yang timbul dari perasaan dan juga sifat yang indah dari mereka, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia.


10. Drs. Popo Iskandar berpendapat bahwa seni budaya adalah seni adalah hasil ungkapan emosi dari manusia yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam bentuk kesadaran hidup secara bermasyarakat/berkelompok.


Pembahasan

Seni dan budaya diambil dari pengertian umum dari dua kata yang berbeda: seni dan budaya. Kata seni berasal dari bahasa Sansekerta 'sani' yang berarti 'pengorbanan, pemujaan dan pelayanan'. Istilah tersebut dapat diartikan artifisial jika mengandung unsur keindahan yang dapat membangkitkan emosi pada orang lain.


Pelajari lebih lanjut
  1. Materi tentang pengertian seni budaya pengertianartidefinisidari.blogspot.com/2023/05/10-pengertian-seni-budaya-menurut-para-ahli.html
  2. Materi tentang yang diketahui tentang seni budaya pengertianartidefinisidari.blogspot.com/2019/11/arti-seni-rupa.html
  3. Materi tentang pengertian seni pengertianartidefinisidari.blogspot.com/2019/09/istilah-seni-definisi-seni.html


Mencari makna kata-kata? Perlu lebih banyak PengertianArtiDefinisidari? Temukan website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!

Post a Comment for "10 Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli"