ARTI DRAMA MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

Pengertian drama menurut pendapat (Pratiwi dan Siswayanti, 2014:14) adalah cerita yang dikembangkan dengan berlandaskan pada konflik kehidupan manusia dan dituangkan dalam bentuk dialog untuk dipentaskan dihadapan penonton. Temukan penjelasan selengkapnya di pengertianartidefinisidari.blogspot.com:

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/




PENJELASAN

Berikut berbagai arti dari drama menurut para ahli :


Pengertian drama menurut (Krauss, 1999 : 249) adalah suatu bentuk gambaran seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani kuno, yang di dalamnya dengan jelas terorganisasi dialog dramatis, sebuah konflik dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung.


Pengertian drama menurut (Budianta, 2002 : 95) adalah sebuah bentuk khusus dari drama yang tidak untuk dipentaskan, melainkan


Pengertian drama menurut (Pratiwi dan Siswayanti, 2014 : 14) adalah sebuah genre karya sastra yang penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya dialog atau cakapan di antara tokoh-tokoh yang ada. Bentuk verbal ini ditunjukkan oleh Marquaβ (1998 : 9) dalam bukunya yang berjudul Dramentexte Analysieren, yakni sebagai berikut. Teks drama dibagi menjadi Haupttext (teks utama) dan Nebentext (teks pendamping). Haupttext adalah pembicaraan para tokoh, yakni teks yang semestinya dikatakan para pemain selama pertunjukan di atas panggung. Hal ini terdiri dari dialog (percakapan antara dua atau lebih tokoh) dan terkadang monolog (berbicara dengan diri sendiri).


Pengertian drama menurut persepsi secara umum adalah karya seni berupa dialog yang dipentaskan. Drama memiliki ciri ciri umum. Tidak semua pementasan dapat disebut sebagai drama. Secara sederhana, drama dapat dapat diartikan sebagai salah satu genre karya sastra.


Pengertian drama menurut Hasanuddin adalah cerita atau tiruan perilaku manusia yang dipentaskan. Berdasarkan kenyataan ini drama sebagai suatu pengertian lebih difokuskan kepada seni pertunjukan lebih dominan dibanding sastranya. Berdasarkan kenyataan ini drama sebagai suatu pengertian lebih difokuskan kepada seni pertunjukan lebih dominan dibanding sastranya.


Terkait penjelasan pendapat diatas, dapat dikatakan bahwa drama/genre karya sastra adalah urutan rangkaian pertunjukan di atas panggung yang hal ini terdiri dari dialog (percakapan antara dua atau lebih tokoh) dan terkadang monolog (berbicara dengan diri sendiri). Demikianlah penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com.

Mencari istilah kata-kata? Perlu lebih banyak PengertianArtiDefinisidari? Temukan apa yang dishare website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!


Tag Drama

Post a Comment for "ARTI DRAMA MENURUT PENDAPAT PARA AHLI"