Pengertian Content Knowledge

Content Knowledge. ilustrasi
Content Knowledge. (ilustrasi/ilustrasi)


Pengertianartidefinisidari.blogspot.com-Pengertian dari content knowledge menurut Rosyid (2016, hlm. 450) menyatakan “Content Knowledge” mengarah kepada pengetahuan atau kekhususan disiplin ilmu atau materi pelajaran. Content Knowledge ini berbeda di tiap tingkatannya (contoh perbedaan di Sekolah Dasar dan Di Sekolah Menengah). Seorang guru diharapkan menguasai kemampuan ini untuk mengajar”.


Content Knowledge juga penting karena Kemampuan tersebut menentukan cara kekhasan berpikir dari disiplin ilmu tertentu pada setiap kajiannya. Sedangkan menurut dahar dan Siregar (1998) dalam Purwianingsih, (2010, hlm 88) menyatakan “Konten merupakan pengetahuan sains yang semestinya dikuasai oleh pengajar mencakup fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori”.


Dari uraian di atas menurut peneliti bahwa content knowledge adalah suatu pengetahuan kompetensi profesional guru dalam arti guru harus memiliki pengetahuan baik dalam bidang akademik, teknologi, seni dan budaya yang diampunya yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan materi pelajaran secara luas.


Komponen Content Knowledge

Resbiantoro dalam ali (2018, hlm. 18) mengemukakan “komponen content knowledge (CK) dibagi menjadi tiga sub komponen yaitu capaian pembelajaran, pengetahuan inti, dan hakekat ilmu pengetahuan”.


Itulah pembahasan pengertian dari Content Knowledge Komponen Content Knowledge-nya. Mencari istilah kata-kata? Perlu lebih banyak PengertianArtiDefinisidari? Temukan website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!

Post a Comment for "Pengertian Content Knowledge"